MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI PERKULIAHAN DENGAN SISTEM E-LEARNING

Annisa Agata

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 menyebabkan terjadinya perubahan terutama pada sector pendidikan. Kegiatan pendidikan yang awalnya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi sistem daring (online) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan selama pandemi covid-19. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Keperawatan di Universitas Mitra Indonesia sebanyak ± 387 mahasiswa dengan tekhnik pengambilan sample menggunakan snowball sampling,  dengan jumlah sampel sebanyak 94 respondeen. Hasil penelitian didapatkan Jenis media perkuliahan yang paling sering digunakan adalah zoom meeting yakni sebanyak 61 responden (64,9%), Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan mayoritas adalah kurang baik yakni sebanyak 50 responden (53.1%). Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi para pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 dengan memanfaatkan berbagai macam platform digital atau memodifikasi proses pembelajaran dengan metode blended learning.

 

Kata Kunci : Motivasi, Perkuliahan daring, Covid-19


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57084/jikpi.v4i1.1106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.