PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH TERHADAP GULA DARAH SEWAKTU PENDERITA DIABETES MELITUS DI UPT PUSKESMAS BRANTI RAYA LAMPUNG SELATAN

Eva Karmila Sari

Abstract


Populasi dalam penelitian ini adalah penderita Diabetes Mellitus di Puskesmas Branti Raya Lampung Selatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang dengan menggunakan teknik insidentil. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, peneliti menggunakan uji dependen dan uji independen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan kadar gula darah pada kelompok intervensi (Diberikan Ekstrak Daun Sirih Merah) adalah 51,13. Rerata penurunan kadar gula darah pada kelompok kontrol (mengonsumsi obat) adalah 29,0. Terdapat perbedaan gula darah sebelum dan sesudah diberikan ekstrak daun sirih merah di UPT Puskesmas Branti Raya Lampung Selatan Tahun 2020 (p-value: 0,000˂ a: 0,05). Ekstrak Daun Sirih Merah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah bila digunakan sebagai alternatif atau dikombinasikan dengan obat-obatan untuk mempercepat penurunan gula darah sewaktu-waktu.

 

Kata Kunci : Ekstrak Daun Sirih Merah, Kadar Gula Darah Saat Ini


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.57084/jikpi.v3i2.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.