Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Dispepsia Di Puskesmas Blambangan Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara

mar liana, novika andora, suci nur atikah

Abstract


Dispepsia adalah rasa nyeri atau tidak nyaman dibagian ulu hati atau mengalami kekambuhan pada perut bagian atas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dispepsia diantaranya, sekresi cairan asam lambung, stres, faktor diet serta ketidakteraturan makan, pola makan yang buruk seperti tergesa-gesa, dan jadwal tidak teratur.Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pola makan dan stres dengan kejadian dispepsia di Puskesmas Blambangan Lampung Utara 2018.Jenis penelitian kuantitatif, desain  penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah 105 orang dengan gangguan dispepsia maupun tidak ada gangguan dispepsia di Puskesmas Blambangan dari bulan juni hingga juli 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang dengan teknik  purposivesampling. Analisis data yang digunakan uji statistik Chi-Square.Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pola makan dengan kejadian dispepsia (p-value = 0,007 dan OR = 5,7), ada hubungan antara stres dengan kejadian dispepsia (p-value 0,011 dan OR = 5) di Puskesmas Blambangan kecamatan Blambangan Pagar tahun 2018. Peneliti menyarankan kepada responden  hendaknya mencegah dispepsia dengan lebih meningkatkan kesadaran terhadap faktor penyebab bisa dimulai dari menjaga pola makan yang teratur dan meminimalkan stres serta dapat memberikan informasi kepada orang lain untuk mencegah terjadinya penyakit dispepsia.

Kata Kunci :Dispepsia, Pola Makan, Stres.


Full Text:

PDF

References


Andre, Y., Machmud, R., Murni, A. W., 2011. Hubungan Pola Makan dengan Kejadian depresi pada penderita Dispepsia Fungsional..

Aziz.A.(2011). Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika

Brawa, Ayang Tria Putri.2017.Hubungan Stres Kerja Dan Keteraturan Makan Dengan Kejadian Sindrom Dispepsia Pada Perawatan Instalasi Rawat Inap RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung UNILA, Fakultas Kedokteran.

Chaidir, Reny, & Maulina, Herfa.2015.Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Sindrom Dispepsia Fungsional Pada Mahasiswa Semester Akhir Prodi S1 Keperawatan Di STIKES Sumber Bukti Tinggi.

Http://eprins.ums.ac.id/id/eprint/43351.Diakses :03-05-2015.

Depkes. 2009. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Dinkes. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung: Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dinkes. 2017. Profil kesehatan Kabupaten Lampung Utara. Lampung: Dinas Kesehatan kabupaten Lampung Utara.

Djojoningrat Dharmika. 2009. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam.ed. Jakarta; Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam.

Kamila, H,Arinil,& Sigit.2016.Hubungan Tingkat Kekerapan Mengkonsumsi Kopi Dengan Kejadian Dispepsia Dipuskes Kerta Sura,1-2.

Mardalena,ida.2018.Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Gangguan Sistem Pencernaan.Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Mumpuni, Y., & Wulandari,A.2010. Cara Jitu Mangatasi Stres. Yogyakarta:Andi.

Nasir, A., & Muhith,A.2011. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa.Jakarta: Salemba Medika, Jagakars.

Nugroho, T. (2011).Asuhan Keperawatan Maternitas, Anak, Bedah, Penyakit Dalam. Nuha Medika; Yogyakarta.

Omega, Andy, &Mansyur, Muchtaruddin.2010.Prevelensi Dispepsia Fungsional Pada Pasien Dewasa Di Rumah Sakit Mangunkusumo Jakarta.

Rahmatika, Bentarisukma Darmaiswari.2014. Hubungan Antara Stres Dengan Kejadian Dispepsia Dipuskesmas Purwodiningratan Jebres Surakarta.

Rahmatullah,Ilham., & Sari, Yuliana Mailinda.2016. Hubungan Pola Makan, stres kerja, dan Minuman Tidak Sehat dengan Penyakit Dispepsia di Puskesmas Loh Ipuh Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Soekidjo Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna.2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susilawati, Palar,S. & Bradley, J.W.2013. Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Sindroma Dispepsia Fungsional Pada Remaja Di Madrasah Aliyah Negeri Model Manado.




DOI: https://doi.org/10.57084/jikpi.v1i1.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.