Penyuluhan Kesehatan Tulang Pada Lansia Di Kalangan Posbindu Parigi Lama

Vebry Haryati Lubis, Erna wilis, Riswahyuni widhawati

Abstract


Seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh dan jaringan semakin menurun. Salah satunya seperti penurunan fungsi dan ketebalan pada tulang sehingga tidak banyak lansia yang mengalami osteoporosis. Lansia rentan mengalami osteoporosis karena peningkatan reabsorbsi tulang dan ketidakseimbangan pembentukan tulang baru, serta pertambahan usia yang membuat tulang menipis dan rapuh. Selain itu, kurangnya asupan vitamin D dan kalsium dalam tubuh.Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan, jumlah penderita Osteoporosis di Indonesia jauh lebih besar dan merupakan negara dengan penderita Osteoporosis terbesar ke 2 setelah Negara Cina. Penyuluhannya ini menjelaskan pentingnya menjaga, meningkatkan  kesehatan tulang dan memahami makanan yang baik untuk dikonsumsi ataupun makanan yang dihindari. Dengan adanya penyuluhan ini maka upaya yang preventif yaitu pencegahan melalui berolahraga.

 

Kata Kunci : Osteoporosis, Lansia, Olahraga

 


References


Desfita, S. D., Wardani, S., Natassa, J., & Sari, W. (2022). PENGUKURAN MASSA TULANG PADA WANITA DEWASA DI POSYANDU NENAS DESA KUALU WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.25311/jpkk.vol2.iss1.1213

Humaryanto. (n.d.). DETEKSI DINI OSTEOPOROSIS PASCA MENOPAUSE.

Karim, U. N., Dewi, A., Studi, P., Keperawatan, I., Keperawatan, F., & Kebidanan, D. (2023). EDUKASI DAN PROGRAM VITAMIN D DALAM PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS. Jurnal Dinamika Pengabdian, 8(2), 377–381.

Pendidikan Tambusai, J., Rahmah Siregar Prodi Fisioterapi, N., & Kesehatan YRSU Rusdi, P. (n.d.). DETEKSI DINI DAN PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA LANSIA DI DESA SEI BEROMBANG KECAMATAN PANAI HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN 2021.

Purba1, D., Hariaty, S., Sekolah, S., Ilmu, T., Flora, K., & Sekolah, I. (n.d.). JURNAL ABDIMAS FLORA LPPM-Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora SENAM OSTEOPOROSIS TERHADAP AKTIVITAS SEHARI HARI USIA LANJUT DI PUSKESMAS PADANG BULAN MEDAN.

Suci Widyastiti, N., Edward KSL, I., Hendrianingtyas, M., Retnoningrum, D., Ngestiningsih, D., & Movieta Nency, Y. (2021). Pemeriksaan Bone Mineral Density dan Pelatihan Senam Osteoporosis Sebagai Upaya Peningkatan Kewaspadaan Osteoporosis pada Penderita Talasemia Mayor. JDC, 5(2). https://doi.org/10.34001/jdc.v5i2.




DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v4i2.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.