Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Tunai dan Piutang Atas Jasa Service Pada Cv. Siger Elektro

Regina Salsabila Ashari, Eka Travilta Oktaria, SE., MM, Dewi Silvia, SE., MM, Maria Septijantini Alie, Erni Febriani

Abstract


Sistem akuntansi merupakan organisasi dari formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi guna memberikan informasi keuangan yang dibutuhkan bagi pihak manajemen perusahaan untuk memudahkan pengelolaan perusahaan dan pengawasan untuk menjamin keamanan aktiva yang dimilikinya sehingga dengan adanya sistem akuntansi tersebut diharapkan berbagai kecurangan dan kesalahan dapat dicegah ataupun diminimalisir. Cv. Siger Elektro adalah perusahaan yang bergerak dibidang mekanikal elektrik khusus unit pendingin. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana prosedur penerimaan kas atas jasa service. Metode penilaian yang digunakan adalah metode kualitatif Analisis prosedur dimulai dari mencatat identitas konsumen, mencatat kelengkapan barang yang diservice, pengecekan, dan membuatkan invoice. Dokumen yang digunakan adalah dokumen invoice services. Catatan penerimaan jasa service yang digunakan adalah tanggal masuk dan nama. Hasil penelitian didasrkan pada unsur-insur penerimaan kas atas jasa service. Hasil penelitian menerangkan bahwa prosedur penerimaan kas atas jasa service secara keseluruhan cukup efektif., hal ini karena masih terdapat bagian unsur-unsur prosedur penerimaan kas atas jasa service yang belum diterapkan. Sebaiknya meningkatkan prosedur penerimaan kas atas jasa service yang telah ada sehingga dapat lebih efektif. Transaksi-transaksi perusahaan bertambah kompleks    menyebabkan dibutuhkannya informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan. Disimpulkan bahwa peran dan fungsi penerimaan kas yang dilakukan di CV. Siger Electro baik tunai maupun piutang sudah sesuai begitu juga dengan standar operasi prosedur yang dibuat oleh CV. Siger Electro sudah sesuai dengan prosedur penerimaan kas tunai dan piutang secara teori.

 


Full Text:

PDF

References


Agoies, S. (2016). Aiuditing, Pietiunjiuk Praktis Piemierikasaan Akiuntan olieh Kantor Akiuntan Piublik. (iE. Siuharsi, iEd.) (4th ied.). Jakarta : Saliemba iEmpat.

Arfani, W., &Bani, B. (2023). Stiudi Transparasi Pienielolaan APBDies Air Riuai Kiecamatan Piemali Kabiupatien Bangka Tahiun 2021. AKDBB Joiurnal of iEconomics and Biusiniess,2(01), 1–9

Bani, B. (2022). Analisa Piengariuh Niet Working Capital dan Niet Salies Tierhadap iEarning Bieforie Intieriest and Tax (iEBIT) Pada PT Indofood Siuksies Makmiur Tbk. JiEM Jiurnal iEkonomi Dan Manajiemien, 8(1), 38–47.

Bridwan Zaki, 2000, Sistiem Informasi Akiuntansi, iEdisi Lima, BPiEiE-iUGM, Yogyakarta

Citradiewi, A. B. (2023). Manajiemien Kieiuangan Bisnis. PT Pienamiuda Miedia.

Damara, Grasiella Diea. Laporan Kiegiatan Prosiediur Pienierimaan Kas Atas Jasa Siervicie Pada PT Bhakti Idola Tama. Diss. Politieknik Palcomtiech, 2021. (Diaksies 6 Oktobier 2022)

Hardianti, B., Bani, B., & Giunadi, A. iE. (2019). Analisis Tingkat Kiepiuasan Pasiien Rawat Jalan Tierhadap Kiualitas Pielayanan Di RSiUD Siejiran Sietason Kabiupataien Bangka Barat. JiEM Jiurnal iEkonomi Dan Manajiemien, 5(2), 53–72.

Hierry. 2016. Akiuntansi Dasar 1 & 2. Pienierbit PT. Gramiedia Widiasarana Indoniesia : Jakarta.

Ikatan Akiuntansi Indoniesia. PSAK No. 2 Tientang Laporan Arius Kas- iedisi rievisi 2015. Pienierbit Diewan Standar Akiuntansi Kieiuangan: PT. Raja Grafindo.

Jasfar. (2012). 9 Kiunci Kiebierhasilan Bisnis Jasa. Saliemba iEmpat : Jakarta. Liupiyoadi. (2014). Manajiemien Piemasaran Jasa (Praktik dan Tieori). Saliemba iEmapat : Jakarta.

Liupiyoadi. (2014). Manajiemien Piemasaran Jasa (Praktik dan Tieori). Saliemba iEmapat : Jakarta.

Marshall B., Romniey, & Stieinbart. P. J. 2017. Sistiem Informasi Akiuntansi: Accoiunting Information Systiems (iedisi kie-13), Prienticie Hall.

Miulyadi, 2001, Aiuditing, iEdisi Kielima, Biukiu Piertama, Pienierbit Saliemba iEmpat, Jakarta

Miulyadi. (2014). Sistiem Akiuntansi. Cietakan Kieiempat. Jakarta : Saliemba iEmpat.

Miulyadi. (2016). Sistiem Informasi Akiuntansi. Jakarta : Saliemba iEmpat.

Niwongier, Warrien, Rieievie, Fieies. 2004, Prinsip-Prinsip Akiuntansi, Jilid Satiu, iEdisi Kiesiembilan, Pienierbit iErlangga, Jakarta

Riudianto. (2012). Piengantar Akiuntansi Konsiep dan Tieknik Pienyiusiunan Laporan Kieiuangan. Pienierbit : iErlangga. Jakarta.

Sari, R. N. (2018). Prosiediur Pienierimaan Kas Pada Riumah Sakit Condong Catiur.

S.R Soiemarsono, 2002, Akiuntansi Siuatiu Piengantar, Biukiu Satiu, Pienierbit Saliemba iEmpat, Jakarta

Soiejono, H Abdiurrahman, 2001, Mietodie Pienielitian, Cietakan Piertama, Rinieka Cipta, Jakarta

Siugiyono. (2017). Mietodie Pienielitian Kiuantitatif, Kiualitatif, dan R&D. Bandiung : Alfabieta, CV.

Siugiyono. (2019). Mietodie Pienielitian Kiuantitatif, Kiualitatif, dan R&D. Bandiung : Alfabieta.

Pitriyani, Anggi. Laporan Kiegiatan Prosiediur Pienierimaan Kas Pada Hoiusie Of Diura Paliembang. Diss. Politieknik Palcomtiech, 2020. (Diaksies 6 Oktobier 2022)

Travilta Oktaria, iE., Astiuti, D., & Novila Sari, P. (2023). Analisis Pieran Aiudit Intiernal Tierhadap Piengiendalian Intiern Pienierimaan Kas ( Stiudi Kasius Pada PT Harapan Panca Siukma ) (Vol. 6, Issiuie 2).

Warrien, Carl S, Jamies M, Rieievie, dan Philip iE, Fieies, 2005, Piengantar Akiuntansi iEdisi Kielima, Pienierjiemah Aria Farahmita, Amanoiugrahani, dan Taiufik Hiendra, Pienierbit Saliemba iEmpat, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v5i2.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.