PENGARUH FAKTOR KEUANGAN DAN FAKTOR PEMASARAN TERHADAP KELAYAKAN USAHA PO. KERIPIK PISANG SUSENO BANDAR LAMPUNG
Abstract
Abstract
P.O. Suseno Banana Chips in Bandar Lampung, established in 1970, were the first chocolate banana chips in Lampung, becoming an icon of souvenirs from Lampung and have several flavor variants of the banana chips they produce, PO. Suseno Banana Chips have a distinctive taste made from real kepok bananas which still taste like the original taste of a banana. Problems faced by PO. Suseno Banana Chips are financial and marketing factors for the feasibility of a PO business. Suseno Banana Chips in Bandar Lampung are declining. The research methods used are library research and field research. Based on calculations and research results from several financial feasibility criteria, it can be seen that the Net Present Value (NPV) is 226,745,626 and the Profitability Index (PI) is 1.87, the Internal Rate of Return (IRR) is 40.47% and the Payback period (PP) for 2 years 23 days. This business should be developed towards a larger processing industry considering PO chips products. Suseno is a product that is quite popular with the public and this business can be used as an example by various parties who want to pursue similar businesses, in order to create new entrepreneurs who are ready to contribute to the national economy. Companies should register their products at a higher corporate level to expand their business. Should be PO chips. Suseno includes the nutritional value of the product on the packaging label so that the business looks more viable.
Keywords: Keuangan, Pemasaran, Kelayakan, Produk, Usaha
Abstrak
PO. Keripik Pisang Suseno di Bandar Lampung berdiri sejak tahun 1970 merupakan keripik pisang coklat pertama yang ada di Lampung menjadi ikon oleh-oleh dari Lampung dan memiliki beberapa varian rasa dari keripik pisang yang di produksinya, PO. Keripik Pisang Suseno mempunyai ciri khas rasa yang terbuat dari pisang kepok asli yang masih terasa asli rasa khas dari sebuah pisang. Permasalahan yang dihadapi oleh PO. Keripik Pisang Suseno yaitu faktor keuangan dan pemasaran terhadap kelayakan usaha PO. Keripik Pisang Suseno di Bandar Lampung yang menurun. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Berdasarkan perhitungan dan hasil penelitian dari beberapa kriteria kelayakan finansial, maka dapat diketahui nilai Net Present Value (NPV) adalah 226.745.626 dan Profitability Index (PI) sebesar 1,87, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 40,47% dan Payback period (PP) selama 2 tahun 23 hari. Usaha ini sebaiknya dikembangkan ke arah industri pengolahan yang lebih besar mengingat produk keripik PO. Suseno merupakan produk yang cukup digemari oleh masyarakat dan usaha ini dapat dijadikan contoh oleh berbagai pihak yang ingin menekuni usaha sejenis, agar terciptanya wirausaha baru yang siap berkontribusi pada perekonomian nasional. Hendaknya perusahaan mendaftarkan produknya ke jenjang bentuk perusahaan yang lebih tinggi untuk memperluas usaha. Hendaknya keripik PO. Suseno mencantumkan nilai gizi produk pada label kemasan sehingga usaha terlihat semakin layak
Kata Kunci : Keuangan, Pemasaran, Kelayakan, Produk, Usaha
Full Text:
PDFReferences
J. Staton. William (2012). Prinsip Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. Gary, Armstrong. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta :PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Mardalis. (2009). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara.
Prawirosentono.Suyadi (2002). Pengantar Bisnis Modern. Jakarta : Bumi Aksara.
Prawitasari,S.Y.(2010). Analisis SWOT sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing. (skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.
Rangkuti, Freddy. (2019). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Swastha. Basu. Ibnu Sukotjo. (2020). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Liberty.
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v5i2.1591
Refbacks
- There are currently no refbacks.