Pengaruh Promosi Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pendengar pada Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung
Abstract
This research aims to examine the effect of service product promotion on listener satisfaction
of Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung, which has the status of a Public
Broadcasting Institution in accordance with Law Number 32 of 2002. The main problem raised
is the low level of listener satisfaction. The research uses library and field methods, through
collecting data from books, scientific works, interviews, and distributing questionnaires. The
results of the analysis show that promotion has a significant influence on listener satisfaction
with a contribution of 93.57% (R² = 0.9357), while 6.43% is influenced by other factors. The F
test and t test show that all promotional variables, such as advertising and sales promotions,
have a positive effect on listener satisfaction.
Keywords : RRI, Promotion, Products, Services, Satisfaction, Listeners
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh promosi produk layanan terhadap kepuasan
pendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung, yang berstatus sebagai Lembaga
Penyiaran Publik sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002. Permasalahan utama yang
diangkat adalah rendahnya tingkat kepuasan pendengar. Penelitian menggunakan metode
kepustakaan dan lapangan, melalui pengumpulan data dari buku, karya ilmiah, wawancara, dan
penyebaran kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh
signifikan terhadap kepuasan pendengar dengan kontribusi sebesar 93,57% (R² = 0,9357),
sementara 6,43% dipengaruhi faktor lain. Uji F dan uji t menunjukkan semua variabel promosi,
seperti periklanan dan promosi penjualan, berpengaruh positif terhadap kepuasan pendengar.
Kata Kunci: RRI, Promosi, Produk, Layanan, Kepuasan, Pendengar
Full Text:
PDFReferences
Andrew dan Nico. 2014. Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Rown Division Surakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Angiporo. 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 1. Cetakan 1. Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Arikunto. 2021. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Assuri. 2008. Manajemen Produksi. Penerbit LP3ES. Jakarta.
Charty. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Diterjemahkan oleh Agus Darma. Edisi 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Darmadi. Mei 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.2. No.1. Malang.
Elvira. Oktober 2021. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Skin Care Pada Klinik Beauty Cantika Bekasi Timur. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 2 No. 2. Bekasi Timur.
Handoko. 2020. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit CV. Mas Agung. Jakarta.
Heidjrachman. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Penerbit UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.
Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih Bahasa A.B Sutanto. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Alih Bahasa Benyamin Molan. Penerbit Prenhallindo. Jakarta.
Manullang,. 2012. Manajemen Personalia. Penerbit UGMP, Yogyakarta.
Nitisemito. 2021. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Sari, Y. 2010. “Studi Formulasi Strategi Pemasaran Surat Kabar Lampung Ekspres Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV. Indrajaya Merdeka Di Bandar Lampung” dalam Jurnal Manajemen Vol.6 No.1 Juni 2010 h.1-10
Sari, Y. 2019. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Giant Supermarket (PT. Hero Supermarket Tbk) Di Bandar Lampung” dalam Jurnal Industrika Vol.2 No.1 April 2018 h.56-67
Sari, Y. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Suplemen Makanan Sakatonik ABC Pada PT Enseval Putra Megatrading Cabang Lampung’ dalam Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), Vol.1 No.2. 2020, h.107-116
Sari, Y. 2021. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Telkom (Persero) Tbk Kandatel Lampung” dalam Jurnal JATA Vol.1 No.1 Agustus 2021, h. 1-10
Sari.Y 2022.“Pengaruh Media Promosi (Periklanan, Wiraniaga dan Promosi Penjualan) terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Trisurya Bumindo Bandar Lampung” dalam Business Perspective Journal Vol.2 No.2 Desember 2022, h.1-13
Sari.Y.2019. “Pengaruh Promosi Terhadap Volume Pelayanan Jasa Pos Pada PT. Pos Indonesia Cabang Lampung” dalam Jurnal Sosialita Vol.13 No.2 Oktober 2019 h.108-120
Stanton. 2016. Prinsip Pemasaran. Edisi VII Jilid I dan II. Alih Bahasa oleh Yohanes Lamario. Penerbit Erlangga.
Supranto. 2016. Pengantar Metode Statistik. Jilid II. Penerbit LP2UI. Jakarta.
Swastha dan Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v6i1.1711
Refbacks
- There are currently no refbacks.