Pengaruh Mutasi Internal Terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta II
Abstract
Mutasi internal merupakan salah satu bentuk kebijakan manajerial yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mutasi internal terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta II. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan analisis terhadap persepsi para pemangku kepentingan mengenai dampak mutasi internal terhadap produktivitas, efektivitas, dan efisiensi kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutasi internal memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap pelayanan, dengan beberapa faktor yang memediasi hubungan tersebut, seperti penyesuaian tugas, pelatihan, dan komunikasi organisasi.
Kata Kunci : Mutasi Internal, Kualitas Pelayanan
Full Text:
PDFReferences
Mirah, F., Rompas, W. Y., & Tampi, G. B. (2015). Pengaruh Rolling Pejabat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik, 2(029), 5.
Izzah, L., & Nahdliyah, A. (2022). Promosi jabatan dan rolling jabatan/mutasi dalam pemberdayaan SDM di MA Al Amirriyah Blokagung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 4(1), 22.
Mahardika, S. A., Basalamah, M. R., & Khalikussabir. (2021). Pengaruh mutasi kerja, promosi jabatan dan rolling jabatan terhadap prestasi kerja personel kepolisian (Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(12), 3 dan 6.
Muaja, A., Murni, S., & Dotulong, L. O. H. (2018). Pengaruh promosi jabatan, mutasi jabatan, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di PT. Hasjrat Abadi (Sudirman) Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 2329.
Abdullah, H. (2018). Pengaruh promosi dan mutasi jabatan terhadap prestasi kerja pegawai pada Pengadilan Negeri Sigli. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 1(2), 111 dan 113.
Supriadi, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia. Surakarta: Tahta Media Group.
Raymond, SE., M.Sc. (2023). Manajemen sumber daya manusia. Padang: Gita Lentera.
Nurdin, I. (2019). Kualitas pelayanan publik (Perilaku aparatur dan komunikasi birokrasi dalam pelayanan publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Hendrayady, A. (2023). Manajemen pelayanan publik. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.57084/jata.v6i1.1713
Refbacks
- There are currently no refbacks.