ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING SEBAGAI STRATEGIS MANAJEMAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN UMKM IBU AINUN BERBASIS WEBSITE

Siti Mukodimah, Sri Ipnuwati, Scandy Audrey Chelvina

Abstract


Pemanfaatan teknologi di zaman modern saat ini sangat membantu dalam berbagai sektor kehidupan, salah satunya sektor bisnis. Teknologi mempermudah dalam hal memperkenalkan produk bisnis kepada konsumen. UMKM Ibu Ainun adalah salah satu dari sekian banyak sektor bisnis yang bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kemajuan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pemasaran online pada UMKM wedang jahe Ibu Ainun dan di harapkan dapat memberikan serta meningkatkan pendapatan UMKM wedang jahe Ainun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi dan studi literatur.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi pemasaran yang terdapat pada UMKM ibu ainun berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan wedang jahe ibu ainun sendiri. dan dapat disimpulkan bahwa sistem pemasaran yang berbasis website ini memiliki yang lengkap. Olehkarena itu, UMKM ibu ainun dapat memasarkan produknya secara efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


M. A. Solihah, “Analisis Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di UMKM Syrup Jahe 33 (Studi kasus pada UMKM Syrup Jahe 33 Desa Tambahsari Kec Limbangan Kab Kendal),” Gastron. ecuatoriana y Tur. local., vol. 1, no. 69, pp. 5–24, 1967.

D. Satrio, “Upaya Peningkatan Minat Pemasaran Online (E-Commerce) Untuk Pelaku Umkm Makanan Ringan Di Kabupaten Batang,” Indones. J. Community Serv., vol. 2666, pp. 259–268, 2021, [Online]. Available: http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/54.

E. Elizabeth and A. Z. Arifin, “Perancangan sistem informasi strategik pada ukm xyz untuk memaksimalkan pemasaran dan efisiensi biaya,” J. Manaj., vol. 21, no. 2, pp. 195–213, 2017, doi: 10.24912/jm.v21i2.231.

W. Arahmah, P. Pitri, and A. M. Putri, “Penerapan Strategi Pemasaran yang Tepat Bagi Perusahaan dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Waralaba (Studi …,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, pp. 3112–3118, 2021, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1356.

L. IT, “25 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli,” 2022. https://lamanit.com/pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli/

A. Media, “Komponen sistem informasi menurut para ahli,” 2022. https://creatormedia.maketcreator.com/komponen-sistem-informasi-menurut-para-ahli/

M. S. Janry Haposan U. P. Simanungkalit, S.Si., “KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI ( Review ),” Lect. Notes Sist. Inf., pp. 1–10, 2012.

Calandre Kei ashana, “Apa yang dimaksud dengan Enterprise Architecture Planning?,” 2017. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-enterprise-architecture-planning/14584

P. Yunita, A. Salsabila, K. Anggirani, and S. I. Sari, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Pada Labor Komputer STMIK Dumai Dengan Enterprise Architecture Planning,” Eng. Technol. Int. J., vol. 4, no. 03, pp. 176–184, 2022, doi: 10.55642/eatij.v4i03.246.

Ervina, “E-commerce : Pengertian, Jenis e commerce, dan Keuntungannya,” 2019. https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/e-commerce/

D. Prastya, “Penerapan Electronic Commerce (E-Commerce) Pada Karya Pahala 2 Magetan Sebagai Media Pemasaran Produk Kerajinan Kulit,” Repos. Muhammadiyah Univ. Ponorogo, p. 4, 2018.

N. Rahmawati and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web pada Toko Billy,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 104–116, 2016, [Online]. Available: http://jurnalmsi.stikom-db.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/44/38


Refbacks

  • There are currently no refbacks.