Tinjauan Yuridis Mengenai Perbuatan Melawan Hukum Terhadap Perlindungan Konsumen Adanya Eksekusi Jaminan Fidusia Oleh Perusahaan Pembiayaan (Studi Putusan Nomor 103/Pdt.G/2023/PN Tjk)

Yulyanti S, Tami Rusli

Abstract


Fidusia berasal dari kata fiduciair atau flides, tang artinya kepercayaan, yaitu penyerahan hak milik atas benda secara kepercayaan sebagai jaminan (anggunan) bagi pelunasan piutang kreditor. Fidusia sering disebut dengan istilah FEO, yang merupakan singkatan dari Fiduciare Eigendom Overdracht. Penyerahan hak milik atas benda yang ini dimaksudkan hanya sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, dimana memberikan kedudukan yang diutamakan kepada penerima fidusia (kreditor) terhadap kreditor-kreditor lainnya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah yang menjadi faktor penyebab mengenai Perbuatan Melawan Hukum terhadap Perlindungan Konsumen adanya eksekusi Jaminan Fidusia oleh Perusahaan Pembiayaan (Studi Putusan Nomor 103/Pdt.G/2023/PN Tjk). Dan Bagaimana Pertimbangan Hakim mengenai Perbuatan Melawan Hukum terhadap Perlindungan Konsumen adanya eksekusi Jaminan Fidusia oleh Perusahaan Pembiayaan (Studi Putusan Nomor 103/Pdt.G/2023/PN Tjk).

Kata Kunci: Melawan Hukum, Perlindungan Konsumen, Jaminan Fidusia

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir Muhammad. 2014. Hukum Perdata Indonesia. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Agus Yudha Hernoko. 2010. Hukum Perjanjian Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial.Kencana, Jakarta.

Artini Muljadi dan Gunawan Widjaja. 2003. Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Moch. Isnaini. 2016. Hukum Jaminan Kebendaan.Laksbang Pressindo, Yogyakarta.

Subekti. 2003. Pokok-Pokok Hukum Perdata. Intermasa, Jakarta.

Suryano, 2008. Hukum Lembaga Pembiayaan.Sinar Grafika, Jakarta.

Tami Rusli. 2017. Pengantar Ilmu Hukum.Universitas Bandar Lampung Press, Bandar Lampung.

B. Sumber Lainnya

Indah Sari. 2020. Perbuatan Melawan Hukum (PMH) Dalam Hukum Pidana Dan Hukum Perdata.Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara Fakultas Hukum Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Vol 1. No1.

Novia Dwi Khariati. 2020. “Perlindungan Hukum Konsumen Bagi Penarikan Paksa Kendaraan Oleh Debt Collector”. Jurnal Perspektif Hukum, Vol 20. No 02.




DOI: https://doi.org/10.57084/jpj.v5i2.1594

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/jpj.v5i2.1594.g1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.