ANALISA KINERJA DATABASE DAN IMPLEMENTASI CACHE REDIS PADA WEB SERVICE LUMEN

budi hartanto, Teuku Muhammad Fawa’ati, Doni Eko Hendro P

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kinerja terhadap database dan implementasi cache Redis pada web service menggunakan framework Lumen. Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada peningkatan responsivitas, efisiensi penggunaan sumber daya, dan skalabilitas aplikasi. Metode eksperimental digunakan untuk mengukur kinerja sebelum dan sesudah implementasi cache Redis.Implementasi cache Redis dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik aplikasi dan pola akses data. Pengukuran kinerja melibatkan waktu respons, latensi, dan frekuensi hit dan miss cache. Data dikumpulkan melalui alat-alat pengukuran performa dan analisis statistik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi cache Redis berhasil meningkatkan waktu respons secara signifikan, mengurangi beban database, dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya. Frekuensi hit cache yang tinggi menunjukkan efektivitas cache dalam menyimpan dan mengambil data yang sering diminta.

Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak implementasi cache Redis pada web service Lumen dan menyediakan dasar untuk pemeliharaan, pengembangan, dan peningkatan kinerja berkelanjutan. Rekomendasi termasuk pemeliharaan rutin, pemantauan terus-menerus, dan penyesuaian konfigurasi Redis untuk meningkatkan performa masa depan.

 Keywords: Analisis Kinerja, Database, Cache Redis, Web Service, Lumen, Responsivitas, Efisiensi Sumber Daya,  Skalabilitas.


Full Text:

PDF

References


L. D. Putri, “Evaluasi User Interface Web Commerce Menggunakan Aturan Eight Golden Rules,” Indones.

J. Appl. Informatics, vol. 5, no. 2, p. 94, 2022, doi: 10.20961/ijai.v5i2.41935.

N. A. O. Saputri and A. Alvin, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43.

N. M. Sulistyawati, “Kepuasan Pelanggan Restoran Indus,” E- J. Manaj. Unud, vol. 4, no. 8, pp. 2318– 2332,2015,[Online].Available: http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667

Y. S. Jamilah and A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co,”

J. Desain Komun. Vis., vol. 9, no. 2, pp. 73–78, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/29458

Rahartri, “‘Whatsapp’ Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek),” Visi Pustaka, vol. 21, no. 2, pp. 147–156, 2019.

L. S. Ningsih, F. Fitriyani, Z. H. Hasibuan, and ..., “Pemanfaatan Media Whatshapp Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Pustakawan,” Maktab. J. …, vol. 2275, pp. 1–12, 2022, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4436

A. Nasution, M. S. I. Lubis, M. Luthfi, and ..., “Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp Dalam Rangka Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Medan …,” … J. Ilm.

…,vol.18,2021, [Online].Available: https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/356

C.O.S.Patricia,“No主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” vol. 3, no. 2, p. 6, 2021.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

M. W. Richard Romario Samuel Rawis, S. L. H. V. Joyce. Lapian and U. S. Ratulangi, “Service Quality, Brand,” Richard Romario Samuel Rawis, S. L. H. V. Joyce. Lapian, Magdal. Wullur Univ. Sam Ratulangi, vol. 7, no. 2, pp. 464–475, 2020.

F. Susanto, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2020.

S. Asmawati et al., Sistem Pendukung Keputusan. Media Sains Indonesia, 2022.

Kieso, Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga, 2019.

Handoko, Manajemen Production Planning And Inventory Control. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, 2018.

M. Hasanah, N. H. Harani, and N. Riza, Implementasi Barcode Dan Algoritma Regresi Linear Untuk Memprediksi Data Persediaan Barang. Kreatif, 2020.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.(edisi kedelapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

D. Krisbiantoro, M. Kom, P. D. Abda’u, and M. Kom, Dasar Pemrograman Web Dengan Bahasa HTML, PHP, dan Database MySQL, vol. 1. Zahira Media Publisher, 2021.

A. Rozaq, Konsep Perancangan Sistem Informasi Bisnis Digital. Poliban Press, 2020.

P. Duan, Y. Cao, Y. Wang, and P. Yin, “Bibliometric Analysis of Coastal and Marine Tourism Research from 1990 to 2020,” Journal of Coastal Research, vol. 38, no. 1. Global Eksekutif Teknologi, pp. 229–240, 2022. doi: 10.2112/JCOASTRES-D-20-00171.1.

A. M. A. Rusdy, P. Purnawansyah, and H. Herman, “Penerapan Metode Regresi Linear Pada Prediksi Penawaran dan Permintaan Obat Studi Kasus Aplikasi Point Of Sales,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 121–126, 2022.

R. Destriana et al., Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase" Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah". Deepublish, 2021.

H. S. Wibowo, Belajar HTML untuk Pemula: Panduan Lengkap untuk Membuat Halaman Web yang Menarik. Pesona Bahasa, 2023.

N. Ahmad et al., Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit Widina, 2022.

E. S. Pane, I. Ishak, and A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung keputusan Menentukan Persediaan Obat Pada Rumah Sakit Mitra Sejati Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,” J. Cyber Tech, vol. 2, no. 6, 2019.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1429

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v4i2.1429.g1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.