Pemanfaatan Leaflet Js Dalam Implementasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Optimalisasi Pengelolaan Objek Pajak Bumi Dan Bangunan Di Dispenda Lampung Tengah

MB Hartanto, Yodhi Yuniarthe, Teuku Muhammad Fawa’ati, Akhmad Ikhwan

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan Leaflet.js dalam Implementasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk optimalisasi pengelolaan objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Dispenda Lampung Tengah, dengan menerapkan metode waterfall. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Leaflet.js mempermudah visualisasi data spasial dan meningkatkan interaktivitas dalam pemetaan properti yang terkena pajak. Metode waterfall memungkinkan pengembangan sistem SIG yang terstruktur dengan tahapan yang jelas, meskipun tantangan dapat muncul terkait fleksibilitas terhadap perubahan kebutuhan dalam pengelolaan pajak.Studi sebelumnya telah menyoroti pentingnya teknologi SIG dalam meningkatkan efisiensi administrasi pajak.Penggunaan Leaflet.js sebagai platform pengembangan memungkinkan penggunaan peta interaktif yang dapat diakses secara luas dan mudah dikelola oleh staf administrasi. Metode waterfall, sementara itu, memberikan kerangka kerja yang sistematis dalam mengembangkan aplikasi SIG, mulai dari analisis kebutuhan hingga implementasi dan pemeliharaan sistem.Studi ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan teknologi informasi untuk administrasi publik, khususnya dalam pengelolaan pajak. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan efisiensi dalam pendataan properti dan proses pengumpulan pajak, serta potensi untuk diterapkannya teknologi serupa di daerah-daerah lain untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi administratif.


References


Adam, M., & Agustina, I. (2018). Implementasi Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Pajak

Bumi dan Bangunan. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, 4(2), 123-130.

Agustian, A., & Hadi, S. (2021). Implementasi Metode Waterfall dalam Pengembangan

Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi X. Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 95-108.

Kartika, A., & Sari, R. (2019). Penerapan GIS dalam Optimalisasi Pendapatan Daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Sistem Informasi, 15(1), 87-95.

Leaflet.js. (2023). Leaflet - a JavaScript library for interactive maps. Diakses dari https://leafletjs.com/

Pratama, B., & Widianto, E. D. (2019). Implementasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pemetaan dan Monitoring Bencana di Kota Yogyakarta. Jurnal Teknik ITS, 8(2), 564-570.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2020). Software Engineering: A Practitioner's Approach (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Rahman, F., & Putra, H. (2017). Analisis Penggunaan GIS untuk Efisiensi Pengelolaan Pajak Daerah. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informasi, 3(3), 45-52.

Rahmawati, F., & Wibowo, A. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web untuk Analisis Pemetaan Sebaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten X. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 4(1), 45-54.

Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson.

Sriyana, J. (2018). Manajemen Pajak Daerah: Studi Kasus di Indonesia. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v5i1.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.