VISUALISASI 3D RUANG DAN BANGUNAN PADA PERGURUAN TINGGI MITRA LAMPUNG BERBASIS MULTIMEDIA

Agus Komarudin

Abstract


Perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat terutama di bidang komputer. Cabang dari ilmu komputer yang cukup pesat perkembangannya adalah teknologi komputer visual grafis dan multimedia.  Tujuan dari penelitian ini yaitu membaut suatu aplikasi multimedia yang berfungsi sebagai media untuk menampilkan visualisasi 3 dimensi agar terlihat lebih menarik. Dalam penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu tahap pra produksi dan tahap produksi.  Adapun tahap pra produksi yaitu mengidentifikasi masalah, studi lapangan, studi pustaka sedangkan tahapan produksi yaitu konsep, desain, pembuatan, pengujian dan distribusi.  Aplikasi visualisasi 3 dimensi ini menyajikan ruang-ruang Perguruan Tinggi Mitra Lampung setiap lantai dan gedung secara keseluruhan. Dibuat berbasis multimedia karena didukung oleh teks, gambar, animasi, audio serta video.  Dengan tambahan 3 dimensi akan terlihat lebih menarik dan lebih variatif.  Hasil yang didapat dari penelitian skripsi ini yaitu terciptanya video multimedia dengan penyajian informasi yang ditampilkan secara 3 dimensi.  Visualisasi 3 dimensi ini akan menggambarkan secara umum mengenai ruang dan bangunan Perguruan Tinggi Mitra Lampung.

Kata kunci :Visualisasi, Multimedia, 3 Dimensi


Full Text:

PDF

References


Anditya, 2012.Panduan Mudah Membuat Visualisasi 3D Arsitektural, Seri Compact

House. Jakarta: GriyaKreasi.

Djalle, Zaharuddin G, 2006. The Making of 3D Animation Using 3D Studio Max.Bandung

:Informatika

Hendratman Hendidan Robby, 2014 The Magic of 3D Studio Max edisi Revisi-

Penerbit Informatika.

Suyanto, M. 2005, Multimedia :Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi.

Vungguhan, Tay, 2006, Multimedia: Marketing It Work, Edisi 6. Versi Indonesia,

Yogyakarta: Andi Ofset




DOI: https://doi.org/10.57084/altek.v2i1.568

DOI (PDF): https://doi.org/10.57084/altek.v2i1.568.g429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.